Mengenai Saya

Foto saya
Amlapura, Bali, Indonesia
Pegawai Pemda Karangasem

Minggu, 10 April 2011

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi dan Dampaknya pada Kinerja Pegawai

ABSTRAKSI



Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi  dan Dampaknya pada Kinerja Pegawai.  Oleh Gde Ngurah Yudiantara (2003).  Program Studi Magister Manajemen pada Program Pascasarjana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Penyusunan  perencanaan pembangunan Daerah merupakan suatu dokumen yang sangat penting untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan disuatu daerah, untuk itu  pemimpin di lembaga perencanaan yang ada harus mampu memotivasi pengikutnya agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan yang berorientasi tugas dan gaya kepemimpinan yang berorientasi hubungan terhadap motivasi kerja, baik secara bersama-sama maupun secara parsial pada pegawai Bappeda Kabupaten Karangasem.  Disamping itu untuk mengetahui Gaya kepemimpinan manakah yang paling besar pengaruhnya terhadap motivasi kerja pegawai Bappeda Kabupaten Karangasem, dan seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Bappeda Kabupaten Karangasem.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dan data dikumpulkan secara kuantitatif melalui penyebaran kuesioner sebanyak 42 buah kepada pegawai Bappeda Kabupaten Karangasem.  Analisis yang digunakan dalam penelitian ini teknik korelasi produk moment, korelasi parsial, uji regresi berganda dan uji regresi sederhana.

Setelah melalui beberapa tahapan analisis, diketahui bahwa gaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas dan gaya kepemimpinan yang berorientasi pada hubungan, secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja pegawai Bappeda Kabupaten Karangasem, dengan nilai koefieien determinasi (R2) sebesar 0,948. Namun secara parsial ternyata gaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap motivasi kerja pegawai Bappeda Kabupaten Karangasem dibandingkan dengan pengaruh gaya kepemimpinan yang berorientasi pada hubungan terhadap motivasi kerja pegawai Bappeda Kabupaten Karangasem.  Hal ini dilihat dari hasil uji t yang lebih besar dari pada t tabel yaitu  t hitung = 8,993 > t tabel = 2,021,  dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
                                                                                                                                   
Dari hasil analisis selanjutnya diketahui bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai Bappeda Kabupaten Karangasem, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,583 dan taraf signifikan hingga 0,000.


ABTRACT


The Influence Leadership Style on Motivation and the Impact to  Employee’s Performance. By Gde Ngurah Yudiantara (2003).  Magister Management Program Study in Pascasarjana Program of 17 Agustus 1945 Surabaya University.

To pile up the regional development planning is an important document for regional development activity.  And for the directed goal the leader at planning organization must be done the motivation employee’s.

The research purposed to fine out wether infuence leadership style  at task orientation and  leadership style at relatedness orientation on the job motivation for simultanious influence and partial influence  at Bappeda Employee’s.  To knows which one of leadership style as dominant influence and how large that, for job motivation at Bappeda of local goverment of Karangasem.  And to know’s how large the motivation influence on performance employee’s.

Research method that used to this reseach is survey method and data collected by quantitatif value by 42 questionare spread to Bappeda employees.  This research used the product moment correlations, Partial correlations, multiple linear regression techniques and linear regression techniques.

After passing saveral analysis, research result showed that leadership style at task and ledership style at relatedness by simultans significantly infuenced at the job motivation, that showed by determinant coefficient (R2) was 0,948.  But by partial analysed result showed the leadership style at task has dominant tendency influence at job motivation, showed by significantly 0,000 < 0,05.

For another analysis job motivation has significantly infuenced to emploeyee performance at Bappeda Karangasem  Regency, that showed by determinant coefficient (R2) value was 0,583 whit significant degree was 0,000.
     KATA PENGANTAR


Berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, penulis dapat menyelesaikan sebuah tesis yang sangat sederhana dengan judul “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA  DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI  adalah suatu studi pada Bappeda Kabupaten Karangasem Propinsi Bali.
            Penulisan tesis ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi guna mencapai gelar sarjana S2 Magister Manajemen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.  Atas terselesaikannya tesis ini penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu mulai dari pembuatan proposal, penelitian lapangan hingga penulisan tesis ini dapat terselesaikan.  Ucapan terima kasih khusus penulis sampaikan kepada:
1.      Bapak Prof. DR. Bambang Swasto, ME selaku pembimbing I yang secara terus menerus memberikan semangat serta cara-cara menemukan suatu sikap ilmiah.
2.      Ibu drg. I. A. Brahmasari, Dipl. DHE. MPA selaku pembimbing II  yang telah memberikan kritik saran serta perbaikan dan bantuan buku-buku ilmiah yang berkaitan dengan penulisan tesis ini.
3.      Bapak Drs.Ec. I. B. Cempena, MM dan Bapak Drs. Ec. Krido Hari Gunawan, Msi. yang telah membahas, menguji serta memberikan banyak masukan dan saran dalam melengkapi tesis ini. 
4.      Bapak/Ibu dosen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya serta rekan-rekan mahasiswa kelas Denpasar dan kelas Karangasem, yang selalu memberikan motivasi dan membangkitkan semangat penulis hingga dapat menyelesaikan tesis ini.
5.      Bapak Bupati Karangasem dan Bapak Kepala Bappeda Kabupaten Karangasem, atas ijin dan perkenannya untuk melaksanakan penelitian pada Instansi yang Bapak Pimpin. 
Semoga Tuhan yang Maha Esa selalu melindungi dan memberikan karunia-Nya kepada beliau-beliau yang penulis sebutkan diatas.  Namun demikian penulis sangat menyadari bahwa tesis ini masih banyak memiliki kekurangan-kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun demi peningkatan kualitas tesis ini sangat penulis harapkan dari semua pihak.


Surabaya, Juni 2003


  Penulis

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates